Jumat, 01 Maret 2013

materi IPS


Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan untuk dijual pada berbagai tingkat harga dalam suatu pasar pada waktu tertentu. Dari pengertian tersebut menunjukkan bahwa penjual akan menjual barangnya sejumlah tertentu untuk masing-masing tingkat harga tertentu. Pada saat harga rendah, maka ia hanya menjual sedikit sebab takut rugi, tetapi pada saat harga naik maka jumlah barang yang dijual pun banyak sebab akan memperoleh keuntungan. Penawaran barang tersebut terjadi pada pasar tertentu dan waktu yang tertentu pula, artinya pada pasar yang berbeda dan waktu yang berbeda, maka jumlah barang yang ditawarkan pun kemungkinan berbeda pula.Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan untuk dijual pada berbagai tingkat harga dalam suatu pasar pada waktu tertentu. Dari pengertian tersebut menunjukkan bahwa penjual akan menjual barangnya sejumlah tertentu untuk masing-masing tingkat harga tertentu. Pada saat harga rendah, maka ia hanya menjual sedikit sebab takut rugi, tetapi pada saat harga naik maka jumlah barang yang dijual pun banyak sebab akan memperoleh keuntungan. Penawaran barang tersebut terjadi pada pasar tertentu dan waktu yang tertentu pula, artinya pada pasar yang berbeda dan waktu yang berbeda, maka jumlah barang yang ditawarkan pun kemungkinan berbeda pula.
Macam macam penawaran

  1. Penawaran Sub Marginal : Penawaran sub marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual dibawah harga pasar.
  2. Penawaran marginal: Penawaran marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual
  3. yang mampu menjual sama dengan harga pasar.
  4. Penawaran Super Marginal: Penawaran super marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang menjual produknya diatas harga pasar
  5. Penawaran Individu: Penawaran individu adalah penawaran yang dilakukan oleh satu individu
  6. Penawaran Pasar: Penawaran pasar adalah penawaran yang dilakukan oleh banyak penjual dipasar.

Faktor utama dari adanya penawaran adalah harga dan kurva penawaran. Adapun factor-faktor yang mempengaruhi selain harga yaitu
Teknologi produksi, dimana keadaan teknologi yang dimiliki suatu perusahaan menentukan besar kecilnya kapasitas produksi pada perusahaan yang bersangkutan, sehingga berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan di pasar.
Biaya produksi, dimana penjual menginginkan agar dalam menjual barang dapat menutup biaya produksi yang sudah dikeluarkan.
Harapan keuntungan dimana setiap penjual mempunyai keinginan yang berbeda-beda dalam menarik keuntungan dalam penjualan barang.
Kebutuhan akan uang, dimana kebutuhan akan uang dari produsen merupakan hal yang sensitive, terutama kebutuhan uang yang mendesak seperti membayar upah, membayar utang. Terutama bagi produsen yang lemah keuangannya, sehingga akan menjual barang lebih rendah dari penjual-penjual lainnya.
Harapan harga di masa depan, dimana bagi penjual yang kuat keuangannya dapat menunda penjualan barangnya sampai harga yang lebih tinggi daripada harga sekarang.

1 komentar: